Simple SEO Friendly Blogger Template Responsive Mobile Friendly, Fast Loading, Ringan, Cepat, Mudah Terindeks Google


October 9, 2018

Perbedaan Jurnalistik dengan Jurnalisme - Hanya Beda Istilah atau Memang Beda?

| October 9, 2018
Perbedaan Jurnalistik dengan Jurnalisme
ISTILAH Jurnalisme dan jurnalistik itu tidak sama. Menurut Webster Dictionary, journalism (jurnalisme) adalah kegiatan mengumpulkan berita atau memproduksi sebuah surat kabar.

Jurnalistik merupakan kata sifat (ajektif) dari jurnalisme.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan jurnalistik sebagai berikut:
  1. Yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran.
  2. Seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan dan persuratkabaran
KBBI juga mengartikan jurnalisme sebagai "pekerjaan mengumpulkan dan menulis berita di media massa cetak atau elektronik; kewartawanan".

Menurut Wikipedia, jurnalisme (berasal dari kata journal) yang artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. 

Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik 

Di Indonesia, istilah “jurnalistik” dulu di kenal dengan “publistik”. Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. 

Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publistik dengan jurnalistik. Publistik juga digunakan untuk membahas ilmu komunikasi.

Dari segi kata, jurnalisme berasal dari kata “jurnal” dan “isme”. Jurnal artinya laporan. Isme artinya paham atau ajaran. Jurnalistik berasal dari kata “jurnal” dan “istik”. “istik artinya hal ihwal atau yang berkaitan dengan.

Jadi, arti asli jurnalisme adalah “paham jurnal” dan jurnalistik adalah “hal ihwal tentang jurnal”, namun pengertiannya kurang-lebih sama.*

Related Posts

1 comment: